Open hours: 8.00-18.00 Mon-Sat
Contact Us

INI PERJALANAN SD YPWKS V YANG BERHASIL RAIH ADIWIYATA TINGKAT NASIONAL

Oktober, 26 2023 By: Test User

Reposted from Mandiri FM. Penghargaan adiwiyata tingkat Nasional ini diberikan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, riset dan Tekhnologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim, di Auditorium Dr. Ir. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Senin 23 Oktober 2023.

Dengan diraihnya penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata Nasional, Kepala Sekolah SD YPWKS V Niran menyatakan rasa bangga atas capaian penghargaan bergengsi tingkat nasional.

“Kami merasa bangga atas keberhasilan dan penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Penghargaan adiwiyata nasional atas dasar perjuangan yang panjang dari mulai tingkat kota kemudian provinsi. Dan akhirnya kita mendapatkan, meraih adiwiyata nasional di tahun 2023 ini,” kata Niran.

Ia memaparkan, sejak adiwiyata di tingkat kota telah membentuk tim dan membangun komitmen yang kuat untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat.

“Perjalanan mulai tingkat kota hingga nasional kami bahu membahu kita membentuk tim adiwiyata dari kebijakan nasional turun ke provinsi dan kota itu ada gerakan lingkungan bersih sehat untuk menuju sekolah adiwiyata. Kami tim bergerak mengadakan even kegiatan melaksanakan dengan tema sekolahku hijau, sekolahku bersih sehat jiwa ragaku dan itu motivasi,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga membangun sinergi dengan pemerintah saling bekerja sama untuk menciptakan, mewujudkan sekolah yang hijau.

“Bagaimana dengan 5 R nya 5 R itu artinya membudayakan bahkan tidak hanya warga sekolah, tetapi juga masyarakat pada umumnya. Bagaimana juga peduli terhadap lingkungan, misalnya tidak membuang sampah sembarangan lalu kemudian mengolah dan memilih sampah atau sampah bisa dijadikan sebagai sumber ekonomi juga bisa meningkatkan ekonomi masyarakat,” terangnya.

Ia menambahkan, bahwa siswa bersama guru warga sekolah semua harus memahami tentang adiwiyata.

“Yakni adiwiyata kita upayakan ciptakan sekolah yang berbudaya lingkungan anak-anak kita. Selain itu juga agar habit membiasakan diri supaya hidup sehat dan bersih,” ucapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cilegon Sabri Mahyudin mengatakan, kedepan, dirinya akan terus meningkatkan pembinaan kepada seluruh sekolah di Cilegon agar menjadi sekolah Adiwiyata tingkat Kota, Provinsi, Nasional dan Mandiri.

“Kita akan tingkatkan pembinaan sekolah – sekolah di Cilegon, agar bisa menjadi sekolah adiwiyata baik di tingkat Kota, Provinsi, ataupun tingkat Nasional,” tegasnya. (Damar/Mega)

Cr. Mandiri FM ( https://mandirifm.com/ini-perjalanan-sd-ypwks-v-yang-berhasil-raih-adiwiyata-tingkat-nasional/ )

Berita Terkait

Tim Basket SMP Islam Al Azhar 27 Cilegon Kembali Berprestasi di Event LIBALA 2024

26 Okt, 2023

SMPIA 27 Cilegon selama 2 tahun berturut-turut mendapatkan juara bertahan y...

Read more.

SD YPWKS II Raih Juara Umum II di Kejuaraan Cilegon Open Marching Band 2023

26 Okt, 2023

Cilegon - Sekolah Dasar Yayasan Pendidikan Krakatau Steel (YPWKS) II Kota C...

Read more.

Sekolah TK YPWKS III Mendapatkan Prestasi dalam Lomba Tari Kreasi Cilegon Creative

26 Okt, 2023

Tim menari TK YPWKS III merupakan tom menari yang meraih prestasi Juara III...

Read more.