Open hours: 8.00-18.00 Mon-Sat
Contact Us

Daycare Amanah YPKS Memaksimalkan Masa Golden Age Anak

April, 25 2024 By: Admin

Daycare Amanah memiliki visi yang akan dituju yaitu menjadi mitra terbaik dalam mengasuh, merawat dan mendidik anak dengan penuh kasih sayang untuk membangun karakter positif, melatih kemandirian dan kedisiplinan.

Dalam pelaksanaan kegiatan mencapai visi tersebut terjabarkan dalam misi salah satunya memberikan lingkungan yang nyaman sesuai dengan kebutuhan esensial tumbuh kembang anak. Layanan usia Daycare Amanah YPKS mulai dari 3 bulan s/d 6 tahun, dimana mereka dalam periode emas atau golden age. Golden age adalah tahapan pertumbuhan dan perkembangan yang paling penting pada masa awal kehidupan anak. Golden age meliputi 1000 hari pertama kehidupan anak yang dihitung dari masa dalam kehidupan sampai dengan usia anak mencapai dua tahun. Periode emas ini sangat penting dan perlu diperhatikan khusus oleh orang tua. Pada golden age otak bertumbuh  secara maksimal, pertumbuhan fisik dan perkembangan kepribadian anak serta pemebentukkan pola perilaku, sikap, dan ekspresi emosi.

Program kegiatan yang direncanakan di Daycare Amanah YPKS mengeksplore, menstimulasi dan memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak.

Tahap Perkembangan Anak

Anak akan mengalami pertumbuhan fisik, mulai dari peningkatan berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala. Guru melakukan pemantauan, terutama mengenai kebutuhan gizi bayi untuk mendukung pertumbuhan fisiknya secara optimal.

Tahap Perkembangan Anak

Dalam tahap ini, anak akan mengalami lima jenis perkembangan antara lain:

  1. Motorik kasar: Motorik kasar adalah kemampuan yang berkaitan dengan gerakan tubuh dalam menggunakan otot besar, baik sebagian besar maupun seluruh anggota tubuh. Contoh: Senam, gerak dan lagu, bermain bola di halaman, dll.
  2. Motorik halus: Motorik halus adalah kemampuan yang berkaitan dengan keterampilan fisik yang melibatkan kondisi mata, tangan, dan otot-otot kecil. Contoh: Menggunakan pensil, mengancingkan baju, menggunakan sendok dan garpu, melipat kertas, bermain manipulatif dengan lego dan balok, dll.
  3. Kognitif: Kognitif adalah kemampuan anak dalam mengolah dan mengelompokkan sesuatu yang tampak oleh inderanya. Contohnya, bermain benda dengan berbagai macam warna dan bentuk, mengelompokkan benda berdasarkan kesamaan, dll.
  4. Bicara: Perkembangan bicara seorang anak yang meliputi berceloteh saat usia 3 bulan, mengoceh (babbling) saat usia 6-9 bulan, dan telah memahami kosa kata dan perintah, mengulang beberapa kata dan kalimat, serta melaksanakan 1-3 perintah sekaligus, dll.
  5. Interaksi Sosial: Perkembangan anak dalam melakukan interaksi terhadap orang dan lingkungan sekitarnya. Contohnya saat anak berusia tiga bulan mulai tersenyum, usia enam bulan tertawa, dan usia sembilan bulan mengucapkan kata sederhana seperti "bye-bye" sebagai respon terhadap sekitarnya, belajar kerjasama dalam bermain dengan teman.

Interaksi yang dilakukan oleh guru dan pengasuh Daycare Amanah YPKS untuk mendorong tumbuh kembang anak yang optimal, antara lain:

  1. Bersikap penuh kasih sayang, hangat, dan responsi;
  2. Memahami bahwa anak itu unik;
  3. Membuat rutinitas menyenangkan dan bermanfaat bersama anak;
  4. Memberikan stimulasi (mengajak bicara, membaca, menyanyi, bermain, dan sejenisnya);
  5. Memberikan pengawasan yang baik pada anak untuk keamanan dan keselamatannya.



Berita Terkait

Yayasan Pendidikan Krakatau Steel Meresmikan Renovasi Gedung dan Meluncurkan Logo Baru

25 Apr, 2024

Peresmian Renovasi Gedung dan Peluncuran Logo baru Yayasan Pendidikan Kraka...

Read more.

Pisah Sambut Ketua YPKS

25 Apr, 2024

Bapak Aris Subranta menjabat sebagai Ketua YPKS dengan jabatan barunya seba...

Read more.

JAMIYYAH AL-AZHAR CILEGON GELAR SEMINAR PARENTING BERSAMA ELLY RISMAN DENGAN TEMA MY PARET MY BESTIE

25 Apr, 2024

JAMIYYAH AL-AZHAR CILEGON GELAR SEMINAR PARENTING BERSAMA ELLY RISMAN DENGA...

Read more.